HumasICGowa—Sabtu (12/7/25) menjadi momentum istimewa bagi keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gowa karena bertepatan dengan kegiatan penyambutan peserta didik baru angkatan VIII tahun ajaran 2025/2026.
Acara ini mengusung tema inspiratif "Berani Berubah, Siap Berkarya: Wujudkan Insan Cendekia Mandiri, Berprestasi, dan Islami".
Program tersebut merupakan inisiasi Bidang Keasramaan MAN IC Gowa dan dihadiri oleh seluruh civitas academica, pengurus komite, dan orang tua peserta didik baru.
Nuansa kekeluargaan dan nilai-nilai keislaman sangat terasa dalam kegiatan ini karena menjadi pondasi awal dalam membentuk karakter unggul para siswa baru yang kini resmi bergabung sebagai keluarga besar MAN IC Gowa.
Ketua panitia sekaligus wakil kepala madrasah bidang keasramaan, Nurhaliza Putri, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi mendalam atas kepercayaan para orang tua terhadap madrasah.
“Selamat datang para mutiara baru MAN IC Gowa. Langkahkan kaki dengan niat yang suci, siapkan hati untuk tumbuh bersama. Di sinilah perjalanan cendekia dimulai,” ujarnya Lilis sapaan akrabnya.
Kepala MAN IC Gowa, Burhanuddin, turut memberikan sambutan hangat dan sarat makna. Beliau menekankan pentingnya menjalin ukhuah di antara seluruh elemen madrasah dan mengajak orang tua untuk terus bersinergi dengan pihak madrasah.
“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan besar yang telah diberikan. Anak-anak kita ini adalah amanah dan investasi akhirat,” pesannya.
“Mari bersama kita wujudkan lingkungan pendidikan yang amanah, unggul, dan islami.” Sambungnya.
Turut hadir Sekretaris Jenderal Komite MAN IC Gowa, Ruslan Kalla, yang menyampaikan peran sentral komite sebagai jembatan sinergi antara madrasah dan orang tua. Ia menegaskan pentingnya keterlibatan aktif wali siswa dalam menyukseskan visi dan misi madrasah.
“Madrasah ini bukan hanya tanggung jawab guru, melainkan tanggung jawab kita semua. Mari saling membahu, karena hanya dengan kolaborasi, cita-cita besar kita bisa terwujud.” Pesannya.
Kegiatan dimulai sejak pagi hari dengan kedatangan seluruh peserta didik baru di aula madrasah. Setelah menjalani proses pengecekan barang bawaan sesuai aturan asrama, acara formal penyambutan dilaksanakan dengan khidmat.
Usai Dhuhur, acara dilanjutkan dengan pertemuan antara pengurus komite dengan para orang tua siswa baru untuk membahas hal teknis kekomitean. Dilanjutkan pertemuan perdana antara guru asuh, siswa baru, dan orang tua.
Pertemuan ini menjadi titik awal membangun chemistry yang kokoh. Peran guru asuh di madrasah sangat krusial—mereka adalah “orang tua kedua” di lingkungan asrama yang mendampingi 7–8 siswa dalam aspek akademik, nonakademik, keuangan, hingga keseharian.
Salah satu orang tua siswa juga memberikan kesannya.
“Kami percaya, madrasah ini bukan hanya tempat belajar, melainkan juga tempat membentuk peradaban akhlak. Terima kasih telah menyambut anak-anak kami dengan cinta dan nilai-nilai luhur,” ujar salah satu wali siswa.
Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam membangun pondasi yang kokoh bagi siswa baru. Selanjutnya, mereka akan menjalani Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) pada tanggal 14–16 Juli 2025, kemudian mengikuti program matrikulasi hingga 1 Agustus 2025
Untuk membentuk karakter kemandirian dan membiasakan diri dengan kehidupan asrama, seluruh siswa baru akan menjalani masa karantina selama 14 hari, tanpa kunjungan dari keluarga.
Dengan semangat "Berani Berubah, Siap Berkarya", MAN IC Gowa terus melangkah pasti dalam mewujudkan generasi cendekia yang berotak Jerman dan berakhlak Madinah.
Diam amet duo labore stet elitr invidunt ea clita ipsum voluptua, tempor labore accusam ipsum et no at. Kasd diam tempor rebum magna dolores sed eirmod
Diam amet duo labore stet elitr invidunt ea clita ipsum voluptua, tempor labore accusam ipsum et no at. Kasd diam tempor rebum magna dolores sed eirmod
Diam amet duo labore stet elitr invidunt ea clita ipsum voluptua, tempor labore accusam ipsum et no at. Kasd diam tempor rebum magna dolores sed eirmod
© MAN IC GOWA. All Rights Reserved. Designed by HTML Codex